Rabu, 18 Mei 2011

ANALISIS DINAMIK STRUKTUR GRAVITY DI LEPAS PANTAI AKIBAT BEBAN GELOMBANG

Salah satu jenis struktur lepas pantai yang telah dikenal yaitu struktur lepas pantai tipe gravity. Konstruksi bangunan lepas pantai tipe gravity terdiri dari struktur bawah berupa fondasi (caisson), dan struktur atas berupa tiang yang berfungsi sebagai penopang struktur di atas muka laut.
Gaya dinamis dominan yang bekerja pada struktur lepas pantai tipe gravity ini adalah gaya gelombang. Besarnya gaya gelombang yang bekerja pada struktur diperoleh dengan menggunakan persamaan Morrison, yang membagi komponen gaya inersia dan gaya seret. Untuk struktur berdimensi besar persamaan morrison dimodifikasi dengan memperhatikan efek difraksi yang terjadi.
Dalam analisa dinamis, struktur tipe gravity ini dianalisa dengan menganggapnya sebagai balok lentur yang memiliki massa terkumpul dan menerima gaya dinamis yang terkumpul. Selanjutnya, dengan metoda numerik (metoda Runga-Kutta) dilakukan analisis dalam domain waktu, berupa penyelesaian persamaan kesetimbangan struktur. Dan sebagai hasilnya akan diperoleh respon struktur dalam suatu domain waktu.
Analisa menunjukkan bahwa respon struktur dipengaruhi oleh dimensi struktur, periode gelombang yang terjadi, dan properti dari tanah yang berinteraksi dengan struktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar